Profile

Join date: Nov 4, 2022

About

Ingin Refreshing dan Healing Sesaat? Yok, Cicipi Pemandangan Alam Purworejo dari Atas Bukit Sebutrong


Buat Sahabat kami yang kemungkinan sedang rasakan capek dan jemu dengan kegiatan rutin setiap hari, tentu ingin refreshing ke tujuan rekreasi alam yang jauh dari hingar-bingar kota. Meskipun sekarang ini Pemerintahan masih mengaplikasikan PPKM di sejumlah daerah yang membuat Sahabat kami harus batasi mobilisasi, tidak ada kelirunya bila kamu melihat rekreasi alam yang ini untuk didatangi kelak. Maka ketika berada waktu dan peluang untuk liburan, Sahabat kami tak perlu ribet kembali untuk cari tempat healing.


Referensi rekreasi ini kali jatuh ke Propinsi Jawa tengah. Bila umumnya beberapa kota seperti Magelang, Solo, dan Semarang yang banyak didatangi pelancong, sekarang gantian Purworejo unjuk gigi akan rekreasi alamnya yang tidak kalah mempesona.


Bila Sahabat https://www.dyogya.com menyenangi pemandangan alam, Bukit Sebutrong ialah opsi yang akurat. Bukit Sebutrong berada di Desa Klepu, Dusun Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa tengah. Untuk capai bukit ini, diperlukan waktu sekitaran satu jam dari pusat Kota Yogyakarta dan 30 menit dari pusat Kota Purworejo.


Tahukah kamu?

Bukit Sebutrong sebagai salah satunya tujuan rekreasi yang ada di Dusun Rekreasi Pandanrejo. Salah satunya keunikannya ialah bukit batu yang berwujud seperti gajah. Bukit batu ini tersusun atas bebatuan kristal (watu lintang) dan bebatuan kapur (watu gamping).


Peristiwa alam ini terjadi pada sekitaran era ke-20, di mana dahulunya Bukit Sebutrong sebagai rimba belantara yang banyak pandan kerengseng dan pakisan. Karena tumbuhan ini cukup lebat, manusia susah menyentuh dan pada akhirnya jadi sarang hewan liar. Nama Sebutrong sendiri diambil dari kata sebutkan rong yang memiliki makna banyak lubang. Ini karena bukit ini banyak memiliki lubang yang awalannya jadi sarang landak.


Di pucuk bukit, persisnya dalam lubang (rong) sisa sarang landak itu ada batu terbuka berwujud seperti durian. Batu ini dibuat dengan alami dari bebatuan kristal (watu lintang) yang oleh masyarakat di tempat diberi nama Batu Durian. Batu ini baru saja diketemukan dan menjadi satu diantara daya magnet harus segera di tempat Bukit Sebutrong.


Apa yang dapat dicicipi di Bukit Sebutrong?

Untuk sekarang ini Bukit Sebutrong memang dalam proses peningkatan menjadi satu diantara tujuan rekreasi kebanggaan warga Purworejo. Peningkatan tujuan Bukit Sebutrong diawali dengan tambahan sarana seperti toilet, gazebo, pos peristirahatan, dan sebagainya. Pembaruan lengkap dilaksanakan pada gerbang dan lajur masuk ke Sebutrong, prasarana parkir, petunjuk jalan, atau infrastruktur penting yang lain untuk mempermudah beberapa pelancong yang ingin bertandang ke situ.


Penggalian kekuatan tujuan dikerjakan lebih ke arah pada mengekspos batu-batuan dan wujud alaminya, yaitu kontur material batu-batuan. Selainnya wujud morfologi yang cantik secara visual, Bukit Sebutrong simpan literatur geologi yang pantas untuk ditelaah dan simpan pembelajaran geografi yang prospektif untuk dikeduk.


Selainnya sarana yang telah lumayan memadai, Sahabat kami dimanja dengan pemandangan alam yang cantik. Dari Bukit Sebutrong, kita dapat menyaksikan panorama rimba pinus dan nikmati golden time saat matahari keluar dan tenggelam di atas bukit. Tidak itu saja, Sahabat kami bisa juga menyaksikan ombak sekalian pegunungan yang melingkari Purworejo. Nach, bila kesini kelak janganlah lupa mengajak pasangan supaya situasi berliburmu makin romantis! Kalaulah ingin refreshing kesini dengan keluarga atau rekan tidak kalah hebat kok, Seperti Pantai Cantik di Jogja.


Kegiatan bagus yang dapat dilaksanakan di Bukit Sebutrong

Selainnya disuguhi panorama alam di atas bukit, pelancong bisa juga lakukan beragam jenis aktivitas memiliki nuansa alam, lho! Di sini Sahabat kami dapat kemping, melangsungkan acara gathering, outbound, dan aktivitas eksploitasi alam yang lain dan foto sesi buat kamu ingin photo pre wedding.


Bukit Sebutrong sama dengan situasi yang sejuk dibalut dengan pohon pinus dan batu besar yang membubung. Tidak perlu cemas karena medan pendakiannya cukuplah aman. Walau demikian, Sahabat kami perlu tetap waspada terlebih bila bertandang pada musim penghujan. Bagaimana? Sudah tidak sabar untuk selekasnya reservasi ticket ke situ? Walau kasus Covid-19 di Indonesia sekarang ini telah turun, kita harus tetap siaga dan sabar menanti sampai keadaan betul-betul aman.


Oleh karena itu, yakinkan Sahabat kami telah vaksin dan janganlah lupa selalu untuk taati prosedur kesehatan dengan mengaplikasikan 6M ya, dimulai dari memakai masker secara benar, membersihkan tangan dengan sabun, jaga jarak, menghindar keramaian, batasi mobilisasi, dan menghindar makan bersama supaya kegiatan berekreasi kelak masih tetap nyaman dan aman.


K
KelvinStewart

KelvinStewart

More actions